Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan
Detail Produk Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan
Penulis: Helmawati, Dr., S.E., M.Pd.I.
Cetakan: 1, 2018
Ukuran: 17,5 x 25 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
Halaman : 284 Halaman
ISBN: 978-602-446-286-4
Sinopsis :
Apakah Sahabat kenal dengan yang namanya Ibnu Sina, Ibnu Khaldun, Al Ghazali, dan Al-Kindi? Ilmu mereka masih dimanfaatkan hingga kini. Namun, apakah Sahabat tahu keberhasilan mereka banyak dipengaruhi dan dibantu peran orang tua lho?! Bagaimana bisa?
Nah, melalui buku ini akan dijabarkan jawaban logis agar -khususnya anak- berprestasi dan meraih kesuksesan melalui 10 kecerdasan jamak yang akan memunculkan prestasi sesuai bakat dan minat anak agar cerdas secara spiritual dan emosional.
Lalu, apa saja 10 kecerdasan itu?
—
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
Bab II Hak dan Kewajiban Anak
A. Defi nisi Anak dan Pendidikan Anak Usia Dini
B. Hak dan Kewajiban Anak Berdasarkan Undang-Undang
C. Hak dan Kewajiban Anak dalam Keluarga
D. Hak dan Kewajiban Anak di Lembaga Pendidikan Formal (Sekolah)
Bab III Berprest asi Melalui Multiple Intelligences
A. Definisi Prestasi
B. Prestasi Belajar
C. Prestasi dalam Keluarga
D. Prestasi di Sekolah
E. Prestasi di Masyarakat
F. Tiga Hal Penting dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi
G. Multiple Intelligences
H. Batasan dan Bahasan Berprestasi Melalui Multiple Intelligences
Bab IV Berprestasi dalam Kecerdasan Bahasa
A. Optimalisasi Kecerdasan Linguistik (Bahasa)
B. Prestasi dalam Berkomunikasi secara Umum (Kemampuan Berbicara)
C. Prestasi dalam Bercerita
D. Prestasi dalam Berpidato
E. Prestasi dalam Membaca
F. Prestasi dalam Menulis
Bab V Berprestasi dalam Kecerdasan Logika-Matematika
A. Optimalisasi Kecerdasan Logika-Matematika
B. Prestasi dalam Mengenal Angka-Angka
C. Prestasi dalam Menghitung
D. Prestasi dalam Membedakan Bentuk
E. Prestasi dalam Menganalisis Data
F. Belajar dalam Mengemukakan Alasan-Alasan
Bab VI Berprestasi dalam Kecerdasan Visual-Spasial
A. Optimalisasi Kecerdasan Visual-Spasial
B. Prestasi dalam Melukis atau Menggambar
C. Prestasi dalam Merancang Bangun Suatu Bentuk
Bab VII Berprestasi dalam Kecerdasan Kinestetik
A. Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik (Gerak Tubuh)
B. Prestasi dalam Menari
C. Prestasi di Bidang Olahraga (Atletik)
D. Prestasi dalam Olah Tubuh (Teater)
Bab VIII Berprestasi dalam Kecerdasan Interpersonal
A. Optimalisasi Kecerdasan Interpersonal
B. Prestasi dalam Menjalin Hubungan Antarmanusia
C. Prestasi dalam Bekerjasama
D. Prestasi dalam Mencegah Konflik (Mengatasi Hambatan dalam Berkomunikasi Antar Pribadi)
Bab IX Berprestasi dalam Kecerdasan Intrapersonal
A. Optimalisasi Kecerdasan Intrapersonal
B. Prestasi dalam Mengenali Diri Sendiri
C. Prestasi dalam Memahami Diri Sendiri
D. Prestasi dalam Memperlakukan Diri Sendiri
E. Prestasi dalam Memutuskan yang Terbaik atas Apa yang Diinginkan
Bab X Berprestasi dalam Kecerdasan Musikal
A. Optimalisasi Kecerdasan Musikal
B. Prestasi dengan Mendengarkan Musik
C. Prestasi dalam Memainkan Alat Musik
D. Prestasi dalam Bernyanyi
E. Prestasi dalam Mengomposisikan, Mengaransemen, dan Menulis Lagu
Bab XI Berprestasi dalam Kecerdasan Naturalis
A. Optimalisasi Kecerdasan Naturalis
B. Prestasi dalam Bercocok Tanam
C. Prestasi dalam Memelihara Binatang
D. Prestasi dalam Mengamati Fenomena Alam
E. Prestasi dengan Melakukan Tindakan Tepat Saat Terjadi Bencana
Bab XII Berprestasi dalam Kecerdasan Emosional
A. Optimalisasi Kecerdasan Emosional
B. Mengenal Kondisi Emosi dan Unsur-Unsur Emosi Seseorang
C. Pengendalian Emosi Kunci Prestasi
D. Memotivasi Diri Langkah Mencapai Prestasi
E. Berempati Merupakan Prestasi Humanis
Bab XIII Berprestasi dalam Kecerdasan Spiritual
A. Optimalisasi Kecerdasan Spiritual
B. Berprestasi dalam Iman dan Takwa
C. Berprestasi dalam Akhlak Mulia
Tags: 10 Kecerdasan, Mendidik Anak Berprestasi, Metode pengajaran, Motivasi Belajar, Pembelajaran Efektif, Pengembangan Potensi Anak, Penilaian Prestasi Pendidikan Karakter, perkembangan anak, Strategi Pembelajaran