Beranda » Agama » Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab

Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab

Kode: RR.AG0269 Stok: Tersedia
Berat 500 gram
Kondisi Baru
Kategori Agama
Dilihat 62 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 90.000
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab
Rp 90.000
Tersedia / RR.AG0269
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab

Penulis: Acep Hermawan, Dr., M.Ag.

Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 260 gr.
300 Halaman
ISBN: 978-602-446-526-1

Sinopsis:

Dalam pembelajaran, penilaian adalah aktivitas tindakan untuk mengetahui ke-majuan belajar dan pembelajaran. Keberadaannya merupakan kemestian karena melalui segmen penilaianlah kualitas belajar dan pembelajaran dapat diketahui. Oleh sebab itu penilaian perlu dilakukan dengan baik dan benar agar kualitas bel-ajar dan pembelajaran berlangsung secara terukur. Buku yang berjudul Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab, Prinsip dan Operasionalisasi memuat berbagai hal yang semestinya ada dan dilakukan penilaian pembelajaran bahasa Arab. Sajian di dalamnya merupakan paduan antara konsep teori, perenungan, dan fakta-fakta di lapangan sehingga keberadaannya, akan menjadi referensi komprehensif bagi dosen, guru, mahasiswa, dan para peminat pembelajaran bahasa Arab.

——–

Daftar Isi

Bab 1 Prolog: Deklarasi Tanggung Jawab (Internalisasi Prinsip Dasar dalam Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab)
Pembelajaran Bahasa Arab)
A. Keniscayaan Multitask
B. Manifestasi Multitask
Ringkasan

Bab 2 Nalar Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab
A. Orientasi Terminologi
B. Ruang Lingkup Penilaian
C. Fungsi dan Tujuan Penilaian
D. Syarat-syarat Penilaian
E. Pengembangan Instrumen Penilaian
Ringkasan

Bab 3 Ihwal Alat Tes dalam Pembelajaran Bahasa Arab
A. Antara Tes, Skor, dan Nilai
B. Kategorisasi Tes
C. Tes Objektif (al-ikhtibar al-mau?u‘iyy)
D. Tes Subjektif (al-ikhtibar al-zatiyy)
E. Bahasa Petunjuk dan Soal
Ringkasan

Bab 4 Ihwal Alat Nontes dalam Pembelajaran Bahasa Arab
A. Pengertian dan Urgensi Nontes
B. Metode dan Instrumen Nontes
C. Penggunaan Instrumen Nontes
D. Kuantifikasi dalam Nontes
Ringkasan

Bab 5 Komponen Tes Kebahasaaraban
A. Aspek-aspek Tes Pelajaran Bahasa Arab
B. Dari Nonkomunikatif ke Komunikatif
Ringkasan

Bab 6 Pengembangan Tes Kompetensi Kebahasaan
A. Pertimbangan Pemilihan Bahan
B. Kontekstualisasi Kebahasaan
C. Tes Penguasaan Struktur
D. Tes Penguasaan Kosakata
Ringkasan

Bab 7 Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Aktif Reseptif
A. Tes Keterampilan Menyimak (ikhtibar maharah al-istima’)
B. Tes Keterampilan Membaca (ikhtibar maharah al-qira`ah)
Ringkasan

Bab 8 Pengembangan Tes Kompetensi Berbahasa Aktif Ekspresif
A. Tes Keterampilan Berbicara (ikhtibar maharah al-kalam)
B. Tes Keterampilan Menulis (ikhtibar maharah al-kitabah)
Ringkasan

Bab 9 Pengembangan Tes Kompetensi Bersastra
A. Batasan Sastra dan Kesastraan
B. Kesastraan dalam Pembelajaran Bahasa Arab
C. Tes Kompetensi Bersastra dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Ringkasan

Bab 10 Analisis Butir Soal
A. Ihwal Analisis Butir Soal (ta?lil al-bunud)
B. Indeks Tingkat Kesulitan (mu’amil al-?u’ubah) dan Daya Beda (mu’amil al-tamyiz)
C. Efektivitas Option (fa’aliyyah al-badil)
Ringkasan

Bab 11 Analisis Validitas dan Reliabilitas Tes
A. Validitas Tes (?idq al-ikhtibar)
B. Reliabilitas Tes (?abat al-ikhtibar)
Ringkasan

Bab 12 Mengubah Skor Mentah Menjadi Skor Standar
A. Penilaian dengan Standar Absolut (al-taqyim bil-mi’yar al-mu?laq)
B. Penilaian dengan Standar Relatif (al-taqyim bil-mi’yar al-nisbiyy)
C. Penilaian dengan Standar Kombinasi (al-taqyim bil-mi’yar al-mudmaj)
Ringkasan

Bab 13 Statistika Elementer untuk Penilaian Pembelajaran
A. Membuat Distribusi Frekuensi
B. Menghitung Skor Rerata
C. Menghitung Standar Deviasi (SD)
D. Cara Lain Menghitung Rerata dan Standar Deviasi
E. Analisis Korelasi
Ringkasan

Bab 14 Ihwal Penentuan Grade
A. Batasan Grade dan Grading
B. Urgensi Grade versus Passing Grade
C. Faktor Perbedaan Individual
D. Ragam Sistem Grading
E. Menjaga Objektivitas Grading
Ringkasan

Bab 15 Epilog: Menyoal Pendekatan HOTS (Stimulasi Daya Pikir dalam Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab)
A. Posisi dan Urgensi HOTS
B. Elemen Daya Pikir
C. Konteks Pembelajaran Bahasa Arab
D. Implikasi Pedagogis

Ditambahkan pada: 18 October 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat kami

PT. Remaja Rosdakarya

Jl. Raya Gadobangkong no. 93 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tlp. 022-6654007

email : [email protected]

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja