Beranda » Agama » Jihad Ekonomi Dinamika, Strategi, Dan Spiritualitas Kyai Dalam Bisnis

Jihad Ekonomi Dinamika, Strategi, Dan Spiritualitas Kyai Dalam Bisnis

Kode: RR.AG0271 Stok: Tersedia
Berat 400 gram
Kondisi Baru
Kategori Agama
Dilihat 53 kali
Diskusi Belum ada komentar
Bagikan

Jihad Ekonomi Dinamika, Strategi, Dan Spiritualitas Kyai Dalam Bisnis

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja Anda
Lanjut Belanja
Checkout
Rp 95.500
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan yang lebih cepat! Quick Order
Jihad Ekonomi Dinamika, Strategi, Dan Spiritualitas Kyai Dalam Bisnis
Rp 95.500
Tersedia / RR.AG0271
Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Detail Produk Jihad Ekonomi Dinamika, Strategi, Dan Spiritualitas Kyai Dalam Bisnis

Penulis: Zainal Abidin, Dr., M.EI.

Cetakan: 1, 2021
Ukuran: 16 x 24 cm.
Kertas isi: HVS 70 gr.
Kertas sampul: AC 230 gr.
208 Halaman
ISBN: 978-602-446-595-7

Sinopsis:

Penelitian yang telah dilakukan penulis menghasilkan beberapa temuan yaitu: Pertama, Dinamika yang terjadi dalam bisnis kyai di Pamekasan merupakan sebuah dinamika yang terjadi pada seluruh sisi pesantren baik actor, software dan hardware dari sebuah pesantren, dimana kyai sebagai penentu dari dinamika termasuk dinamika bisnis. Kyai dan pesantren yang terjun dalam dunia bisnis dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: kyai bisnis, pesantren bisnis, dan kyai dan pesantren bisnis.

Kedua, Strategi bisnis yang diterapkan oleh kyai di Pamekasan adalah simpel dan sederhana yaitu strategi diferensiasi produk. Strategi tersebut merupakan sebuah strategi persaingan yang mengacu pada persepsi pelanggan yang berbeda terhadap sebuah produk yang sama, sehingga semua lahan bisnis bisa digarap oleh kyai dengan prinsip harus sesuai dengan nilai-nilai shariah. Hal itu diimplementasikan dalam sikap yang istiqomah, konsisten, tawakal dan mengerahkan segala kemampuan untuk memperoleh profit yang halal menurut syariah.

Ketiga, nilai spiritual bisnis yang dilakukan oleh kyai adalah kristalisasi dari ‘aqidah, shari‘ah, dan akhlaq yang bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah, yang meliputi jihad ekonomi, ‘iffah dan bisnis sebagai gerakan da’wah bi al hal. Dengan bisnis ternyata kyai mampu memenuhi semua level hirarki kebutuhan mulai dari kebutuhan fisiologi sampai dengan kebutuhan aktualisasi diri baik kyai sebagai pribadi maupun sebagai pimpinan pesantren, sehingga kyai bebas berkreasi sesuai dengan idealisme kyai tanpa intervensi pihak lain.

—————

Daftar Isi

Bab I Pendahuluan
A. Kyai sebagai Agent of Social Change
B. Signifikansi Relasi Ekonomi dan Islam
C. Studi Pemikiran Ekonomi Islam

Bab II Teori dan Konsep Ekonomi Bisnis
A. Bisnis secara Umum
B. Ekonomi Bisnis
C. Dinamika Bisnis
D. Strategi Bisnis
E. Spiritual Bisnis

Bab III Potensi Pamekasan Madura: Ekonomi, Politik, Sosial, dan Geografis
A. Gambaran Umum Pamekasan Madura
B. Potensi Sosial Ekonomi di Pamekasan Madura
C. Kyai dan Pesantren di Pamekasan Madura
D. Seting Sosial Agama Masyarakat Pamekasan

Bab IV Dinamika, Strategi, dan Nilai Spiritual Bisnis Kyai
A. Dinamika Bisnis
B. Strategi Bisnis
C. Nilai Spiritual Bisnis

Bab V Jihad Ekonomi: Implementasi dan Strategi Bisnis Kyai
A. Dinamika Kyai dalam Bisnis
B. Strategi Kyai dalam Bisnis
C. Nilai-Nilai Spiritual Bisnis oleh Kyai

Bab VI Penutup
A. Kesimpulan
B. Implikasi Teoretis
C. Rekomendasi
D. Keterbatasan Penulis

Ditambahkan pada: 18 October 2022
Produk Terkait
Diskusi Produk (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Alamat kami

PT. Remaja Rosdakarya

Jl. Raya Gadobangkong no. 93 Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat 40552

Tlp. 022-6654007

email : [email protected]

Chat via Whatsapp
Customer Service
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Customer Service
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja